Go Green

Apa itu Go Green....???
Go Green dalam artian luas adalah ajakan "mari hidup hijau", dengan arti mari kita hidup lebih ramah lingkungan dan berbuat sesuatu yang baik untuk bumi.
Berarti wacana go green ini bertujuan agar manusia-manusia lebih mengurangi perilaku yang mencemarkan ataupun merusak alam, dan menghimbau manusia untuk berbuat kebaikan bagi alam. Polusi ataupun global warming misalnya disebabkan karena kurangny pohon-pohon yang sebenarnya mempunyai peran besar untuk menyerap C02 di udara. Oleh karena itu diperlukan kembali penghijauan.

Tanaman bukan hanya sekedar memberi keindahan, namun sekaligus menyumbang keberlimpahan oksigen untuk kelegaan nafas umat manusia.
Dan tanpa disadari, aktivitas bercocok tanam dihalaman maupun didalam ruang mampu menyiutkan kandungan polusi udara. Semua jenis tanaman memang bisa berperan sebagai filter udara. Tapi, mereka menyandang kadar efektivitas berlainan. Flora ampuh penyerap polusi dijuluki tanaman antipolutan.

Pinus
Cemara Kipas
Lidah Mertua
Dari penelitian yang dilakukan NASA perihal tanaman penyerap polutan, bermunculan beberapa jenis tanaman yang mampu  menyerap racun diudara dalam ruangan.
Salah satunya adalah :
A). Cemara Kipas, ciri-cirinya adalah tumbuhan ruyung yang daunnya berwarna hijau tua, mirip sisik dan tumpang-menumpang, kayunya keras, runjungnya kecil
Daun Cemara Kipas berkhasiat sebagai obat demam, batuk dan
mencret
Untuk obat sakrt demam dipakai ± 10 gram daun kering cemara kipas,
direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih selama 15 menit, dinginkan dan
saring. Hasil saringan diminum 2 kali sama banyak untuk pagi dan sore.


B). Pinus, adalah salah satu pohon yang biasa ditanam di lereng-lereng gunung, daunnya runcing memanjang seperti jarum

C). Sanseveria (Lidah Mertua), tumbuhan daerah tropis, sering ditanam di halaman rumah sebagai tanaman hias, daunnya berbentuk pedang dengan ujung yang meruncing tajam, berwarna hijau dengan garis-garis kuning;
Manfaat lain tanaman ini seperti; penutup luka, antiseptik, obat wasir, cacar, cacing, penyakit mata dan telinga, dan juga sebagai bahan minuman penyegar tubuh. Beberapa jenis sansevieria juga berkhasiat sebagai anti malaria, anticendawan, antikolesterol, sampai antikanker.

Penelitian membuktikan bahwa ketiga tanaman ini mampu menyerap zat yang dihasilkan oleh tanaman lain, manusia, dan sisa industri.
Tumbuhan menyerap beraneka zat sisa yang dikeluarkan oleh makhluk lain (termasuk senyawa racun) melalui daun dan akar.

0 komentar :

Posting Komentar

Dikomentarin Dong.......!!!

 
;